Selasa, 15 September 2009

SEJARAH Singkat Universitas Mulawarman.

Kalimantan Timur dengan luas wilayah sekitar 245.237,80 km2, dengan jumlah penduduk? 2,9 Juta jiwa adalah propinsi yang pertumbuhan ekonominya cukup tinggi bila dibandingkan dengan Propinsi lainnya. Sumber daya alam yang berlimpah memacu daerah ini untuk meningkatkan program pembangunannya guna membentuk potensi Propinsi Kalimantan Timur agar memiliki keunggulan dalam berbagai bidang.

Dalam hal ini, pengelolaan sumber daya alam perlu ditunjang oleh keterampilan sumber daya manusia, sehingga memberikan manfaat yang optimal di dalam pengelolaannya. Apalagi di era globalisasi seperti saat ini, peningkatan kualitas sumber daya manusia mutlak diperlukan. Bertolak dari kebutuhan akan sumber daya manusia yang berkualitas inilah maka perlu adanya Perguruan Tinggi yang besar dan profesional di Kalimantan Timur.

Dalam Profil Universitas Mulawarman (2007:1), berdirinya Universitas Mulawarman merupakan realisasi perjuangan para tokoh dan Pemerintah Daerah Kalimantan Timur yang diawali dengan terbitnya surat keputusan Gubernur Kepala Daerah Tingkat I Kalimantan Timur; No. 15/PPK/KDH/1962, tanggal 7 Juni 1962, maka berdirilah sebuah Perguruan Tinggi yang berkedudukan di Samarinda dengan nama : Perguruan Tinggi Mulawarman. Untuk mendukung penyelenggaraan program pendidikan, Perguruan ini membentuk sebuah yayasan untuk menopang kebutuhan dana, fasilitas, dan peralatan. Kemudian pada 27 September 1962 ditetapkan sebagai tanggal berdirinya Universitas Mulawarman, berdasarkan surat keputusan Menteri Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan No. 130 Tahun 1962 tanggal 28 September 1962, dan dikukuhkan secara resmi berdasarkan surat keputusan Presiden RI No. 65 tanggal 23 April 1963.

Pada awal berdirinya, Universitas Mulawarman menyelenggarakan program pendidikan sebanyak empat Fakultas, yakni : Fakultas Ketatanegaraan dan Ketataniagaan, Fakultas Pertanian, Fakultas Kehutanan, dan Fakultas Pertambangan. Dalam proses penyelenggaraannya, keempat Fakultas tersebut menemui berbagai kendala dan permasalahan, sehingga pada saat itu hanya Fakultas Ketatanegaraan dan Ketataniagaan yang dapat diselenggarakan. Pada tahun 1964 disusul penyelenggaraan proses belajar mengajar dari Fakultas Pertanian. Pada tahun 1966, Fakultas Ketatanegaraan dan Ketataniagaan dipecah menjadi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik dan Fakultas Ekonomi.

Namun karena berbagai hambatan, pada tahun 1970 terpaksa Fakultas Pertambangan ditutup. Kemudian pada tahun 1978, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Samarinda terintegrasi dengan Universitas Mulawarman, sehingga berdiri Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan disahkan dengan terbitnya Surat Keputusan Dirjen DIKTI No. 181/D/E/1978 tanggal 20 Maret 1978 tentang Pembukaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Dengan demikian, pada tahun 1978 Universitas Mulawarman telah memiliki lima Fakultas sesuai dengan surat Keputusan Presiden RI No. 66 tahun 1982, tertanggal 7 September 1982 yakni : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Ekonomi, Fakultas Pertanian, Fakultas Kehutanan, serta Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Dalam perkembangan selanjutnya, Universitas Mulawarman telah membuka Fakultas baru dan program-program yang nantinya akan menjadi cikal bakal Fakultas, yaitu :
1. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan,
2. Fakultas Hukum pada tahun 2005,
3. Fakultas Matematika dan Ilmu pengetahuan Alam (MIPA),
4. UPT. Program Pendidikan Dokter, pada tahun 2001 dan kemudian menjadi Program Studi Kedokteran Umum pada tahun 2004.
5. UPT. Program Teknik Universitas Mulawarman, pada tahun 2004.
6. Program Studi Kesehatan Masyarakat (Kesmas), pada tahun 2005.
7. Program Doktor (S3) Ilmu Kehutanan, pada tahun 2001.
8. Magister Ilmu Kehutanan, pada tahun 2003.
9. Magister Manajemen (S2), pada tahun 1999.
10. Magister Ilmu Administrasi Negara, pada tahun 2003.
11. Magister Ilmu Pendidikan atas kerjasama dengan Unversitas Negeri Jakarta, pada tahun 2000.
12. Magister Pertanian (Tropika Basah), pada tahun 2003.
13. Magister Kesehatan Masyarakat, pada tahun 2001.
14. Magister Ilmu Ekonomi atas kerjasama dengan Universitas Hasanuddin, pada tahun 2000.
15. Magister Program Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam dan Pendidikan Bahasa atas kerjasama dengan Universitas Negeri Surabaya, pada tahun 2003.
16. Magister Ilmu Lingkungan, pada tahun 2004.
17. dan yang terbaru UPT. Farmasi.

Setelah berbagai sumber daya kampus dapat ditingkatkan dari tahun ke tahun, perkembangan kemajuan pembangunan menuntut peningkatan kualitas penyelenggaraan pendidikan tinggi, salah satu program yang dilaksanakan melalui peningkatan mutu lulusan dan peningkatan jenjang pendidikan. Disamping itu Unmul merupakan salah satu perguruan tinggi yang paling diminati oleh masyarakat di Kaltim, khususnya para siswa SMA sederajat yang akan melanjutkan pendidikan kejenjang perguruan tinggi. Semakin banyaknya peminat masuk ke universitas tentu saja harus dibarengi dengan adanya peningkatan mutu pengajaran, baik dari kelengkapan fasilitas belajar-mengajar maupun kualitas dosen dalam mengajar, sehingga dapat mencetak mahasiswa-mahasiswa yang berkualitas.

Ayoo Unmul……… Dari-mu Untuk Membangun Kaltim.







1 komentar:

  1. Lowongan Kerja English Tutor Konsultan Pendidikan Bahasa Inggris Nasional untuk cabang Samarinda & Balikpapan. Kirim surat lamaran & CV anda ke easyspeak.recruitment@gmail.com. Atau hubungi No Telp 0541-273163 (Samarinda) dan 0542-737537 (Balikpapan). Kunjungi www.easyspeak.co.id untuk mengetahui profile perusahaan kami. Terima Kasih.dd

    BalasHapus